SELAMAT DATANG DI BLOG DESA SUKARAJA NGEPAH

Nama-Nama Wilayah Dan Sumber Pendapatan Masyarakat Desa Sukaraja Ngepah



Desa sukaraja ngepah, terletak dalam salah satu wilayah di kecamatan muara dua kabupaten oku selatan, Desa ku ini sekarang makin terasa terpencil dari kecamatan muara dua karena harus melewati desa simpang aji yang sekarang telah pemekaran menjadi kecamatan buai sandang aji.

Admin sendiri tidak paham
kenapa pemerintah desa tidak melepaskan diri dari kecamatan muara dua dan masuk ke dalam kecamatan buai sandang aji yang jarak tempuhnya lebih dekat, Entahlah...?? Tapi bukan ini bahasan yang akan ku posting kali ini.

Kali ini admin akan membahas mengenai nama nama tempat yang masuk dalam wilayah desa sukaraja ngepah dan membahas tentang sumber pendapatan dan mata pencarian masyarakat desa.

Tempat tempat yang masuk dalam wilayah desa sukaraja ngepah ini berupa perkebunan,ladang,sawah dan hutan.

Di petakan dari arah barat desa sukaraja ngepah berbatasan dengan desa sukaraja banjar, dari arah timur berbatasan dengan desa gedung lepihan dan gunung tiga, dari arah selatan berbatasan dengan desa simpang aji dan gunung terang, dan dari arah utara berbatasan dengan desa gunung cahya.

Adapun nama nama tempat yang masuk dalam wilayah desa sukaraja ngepah yaitu:
1. Ngelebung
2. Gelom
3. Cenggiri
4. Lubuk tela/mangsai               unggak
5. Lubuk badak/mangsai           ghenoh
6. Tanjung kaya
7. Turing
8. Pemeghihan
9. Tanjungan
10.pehenian
11.pematang
12. sekibol
13. sekunyer
14. kluat
15. huma jaoh
16. sabah kaliliak

Dari semua nama nama tempat yang masuk dalam wilayah desa sukaraja ngepah inilah yang menjadi sumber pendapatan dan mata pencarian masyarakat desa sukaraja ngepah.
Tempat tempat ini adalah warisan leluhur mereka yang di jadikan tempat perkebunan, ladang dan sawah.

Dengan menjadi petani pribadi mengolah tanah warisan leluhur mereka inilah masyarakat desa bisa membiayai dan menyekolahkan anak anak mereka, hingga sekarang banyak generasi muda masyarakat desa sukaraja ngepah kini bisa cukup pintar dan berhasil baik yang tinggal di kampung ataupun yang merantau dengan bekerja dan berdagang di kota kota.

Sekarang ini akses menuju ke desa sukaraja ngepah yang dulu harus menyeberangi pertemuan aliran sungai selabung dan sungai ngepah dengan menggunakan lanting atau rakit, sekarang sudah ada jembatan layang atau jembatan gantung.
Jembatan gantung desa sukaraja ngepah saat pagi hari berkabut

Jembatan ini di bangun tahun 1998 di masa kepemerintahan kades dul manan.
Nanti dalam posting selanjut nya admin akan membahas tentang jembatan ini dan mengenai insfratuktur yang ada di desa sukaraja ngepah.

Terimakasih atas kunjungan anda yang telah singgah di blog desa ku ini...kalau anda ingin merasakan indahnya panorama dan kekeramatan desa ku...datang lah dan berkunjunglah...jangan takut masyarakat desa ku semuanya bersahabat dan sangat ramah.....

Salam hangat
By Ghadin Inton
Share:

Java script

Koleksi Lagu Adi Adi

SUKAI FANS PAGE KAMI

PORTAL OKU SELATAN

join

BERITA HARIAN OKU SELATAN

join

koleksi adi adi

(DOWNLOAD)~Adi adi ghibang Masnun
(DOWNLOAD)~Adi adi ghibang Di Lapahan
(DOWNLOAD)~Adi adi Malang Ne Badan
(DOWNLOAD)~Adi adi Batanghari 9
(DOWNLOAD)~Adi adi kaos lampu
(DOWNLOAD)~Adi adi Lijung Semande
(DOWNLOAD)~Lagu Ombai Akas
(DOWNLOAD)~Lagu Dirud
(DOWNLOAD)~Gitar tunggal Ribu La Ribu
(DOWNLOAD)~Gitar Tunggal Sesimbatan

JADWAL SHOLAT

jadwal-sholat